Menjadikan Handphone Sebagai Kamera Untuk Live Stream

08.26 3 Comments

Topologi jaringannya kira kira seperti ini

Selamat malam mas bro mbak bro,
kali ini saya akan membuat tutorial untuk menjadikan handphone sebagai kamera live streaming youtube, sebernarnya ini berawal dari coba coba, ketika sore tadi ingin coba live stream ke channel youtube saya (mumpung ada wifi gratis) tapi jangkauannya tidak sampai ke pinggir jalan , ane mikir supaya jangkauannya wifi nyampek , yasudah saya repeat saja menggunakan laptop, jadi wifi yang udah konek ke laptop saya pancarkan lagi, niatnya sih kameranya pake action cam , dan baru inget laptop kan nggak bisa konek dengan dua wifi sekaligus, akhirnya nemu hidayah , saya inget dengan aplikasi di android yaitu ip webcam, langsung saya download di hape temen yang kualitas kameranya lumayan ketimbang hape saya, langsung saja saya install dan konekin hape temen saya tadi ke wifi yang dipancarin laptop, langsung start server ipwebcam dan tayangan dari hape udah tampil dilaptop tinggal buka obs dan start streaming akhirnya bisa.

Software dan Hardware yang dibutuhkan :

  1. Jaringan Wifi Gratis wahaha, Jaringan Wifi yang punya Speed whuss tentunya
  2. Laptop
  3. Handphone
  4. Open Broadcast Software (pc)
  5. Ip webcam (android)
yang pertama adalah sambungkan laptop kita ke wifi yang menjadi sumber koneksi internet, dan selanjutnya adalah memancarkan kan wifi dari laptop kita , hal ini bisa dilakukan dengan bantuan software seperti connectify, baidu hotspot,dll. walaupun sebenarnya bisa juga tanpa aplikasi bantuan untuk windows lewat cmd , untuk tutornya saya memakai baidu karena simpel, ada disini
setelah laptop dapat menerima dan memancarkan wifi, kita tinggalkan sejenak dan pindah ke handphone,
pertama install dulu aplikasi Ip webcam , bisa diunduh di playstore
setelah terinstall , sambungkan handphone kita ke wifi yang sudah kita pancarkan dari laptop,
kemudian jalankan aplikasi ipwebcam , sesuaian setting sesuai keinginan, kemudian start server

 IP Webcam- gambar mini tangkapan layar
nah sekarang IP webcam pada handphone sudah berjalan ,
 IP Webcam- gambar mini tangkapan layar
192.168.0.102 merupakan ip hp kita
kemudian kembali ke laptop , sekarang bukalah obs
buatlah scane dan add source pilih CLR browser

setting seperti ini sesuiaikan ukuran dimensi sesuai yang kita inginkan
isi url dengan http://192.168.137.155:8080/jsfs.html
sesuaikan ip seperti yang ada pada layar hp 
sudah siap untuk tes live stream

yang masih mengganjal adalah meskipun kualitas hd video tidak bisa penuh, masih ada area hitam disamping video,
NB: sekarang sudah bisa full , caranya download obs yang terbaru disini

berikut adalah hasil tes dengan kamera depan xiomi redmi note dan koneksi wifi rumahan yang bandwith nya cuma 512 kb 

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

3 komentar:

  1. Tapi aku ngk bsa gan aku coba dgn berbagai cara petunjuk di you tube ttp ngk muncul kameranya mohon pencerahan admin

    BalasHapus
  2. Tapi aku ngk bsa gan aku coba dgn berbagai cara petunjuk di you tube ttp ngk muncul kameranya mohon pencerahan admin

    BalasHapus